Rabu, 08 Januari 2014

Tutorial Membuat Strawberry dari Kain Flannel


Strawberry…siapa yang tidak kenal buah yang satu ini. Rasanya yang manis terkadang asem ini sangat digemari oleh semua orang. Selain rasanya yang menggoyang lidah, bentuk dan warna buah yang satu ini juga memikat. Dengan bentuk yang meruncing di bagian bawah serta perpaduan warna merah dan hijau, membuat kebanyakan orang tidak bosan untuk melihatnya. Tak heran, jika kita banyak sekali menemukan pernak pernik dengan hiasan strawberry berada di sekeliling kita. Oleh karena itu, kami mencoba memberikan tutorial cara membuat strawberry yang terbuat dari kain flannel.

Tidak sulit membuat strawberry dari kain. Pada tutorial kali ini, kami menggunakan kain flannel sebagai bahan dasar pembuatan strawberry. Hal ini dikarenakan kain flannel sangat mudah didapatkan di toko kerajinan tangan. Selain itu teksturnya yang tidak terlalu kaku dan lembut juga menjadi nilai lebih dari kain flannel ini.

Oke…langsung saja kita mulai yaa… siap…

Pertama
Sediakan kain flannel berwarna merah dan hijau. Kain berwarna merah sebagai buah strawberry dan kain berwarna hijau sebagai daunnya. Potonglah kain tersebut. Kain flannel merah berbentuk bulat dengan 3/8 bagiannya digunting. Kain flannel hijau digunting berbentuk bintang. Pola di kain flannel dapat dilihat pada gambar di bawah ini..




Kedua
Kain flannel merah yang sudah digunting tadi, diberi bintil-bintil seperti pada buah strawberry aslinya. Pemberian bintil-bintil buah dapat menggunakan manik-manik yang sesuai dengan warna kesukaan anda.




Ketiga
Kita akan membuat buah strawberry terlebih dahulu. Caranya, pertemukan kedua sisi kain flannel merah. Lalu jahit dengan benang kedua bagian tersebut dengan menggunakan jahitan tusuk feston.




Keempat
Kemudian ambil benang yang ukurannya besar. Lalu jahit kain flannel di bagian atas kainnya dengan cara jelujur. Perhatikan kedua ujung benang. Kedua ujung benang itu harus berada di bagian luar buah.




Kelima
Langkah selanjutnya, masukkan dakron ke dalam kain flannel merah yang berbentuk kerucut. Dakron dapat diganti dengan kapas. Lalu tarik kedua ujung benang yang berada di bagian atas kain. Ikat benang dengan kuat. Sekarang bentuk buah strawberry sudah terlihat bukan..




Keenam
Sekarang kita akan memasang daun strawberry dengan kain flannel hijau berbentuk bintang. Ambil benang hijau dan jarum. Letakkan kain flannel hijau di atas buah strawberry. Atur letak daunnya sehingga benang pengikat tidak terlihat dan daun tidak menutupi bintil manik-manik strawberry. Setelah itu jahit daun dengan benang. Lakukan penjahitan ini sampai semua sisi terjahit dengan rapi.




Ketujuh
Dan…jadilah strawberry kita lengkap dengan daun buahnya. Jika kita ingin menjadikan strawberry ini sebagai gantungan, jangan lupa untuk memberikan tali pada daunnya. Pemberian tali dapat dilakukan sebelum daun dijahit ke buah (sebelum langkah enam) agar tali dapat terjahit dengan rapi.




Sekarang giliran anda mencoba tutorial di atas. Strawberry ini dapat dijadikan gantungan kunci, gantungan hp, hiasan/aplikasi tas & dompet, toping kue flannel dan masih banyak lagi yang lainnya. Silahkan dicoba…


Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...