Rabu, 14 Mei 2014

Cara Membuat Pom Pom



Pom pom… Apakah ada yang tidak mengenal pom pom?.
Mungkin kata ‘pom pom’ masih terdengar asing di telinga banyak orang. Tapi jika dijelaskan bentuknya berbentuk bulat, berbulu dengan berbagai macam warna dan ukuran, mungkin banyak orang yang mengenalnya. Pom pom memang kata dalam Bahasa Inggris yang dalam Bahasa Indonesia entah apa penyebutannya (ada yang tau ?). Pom pom dapat terbuat dari benang, kain, kertas dan dapat dijadikan gantungan kunci, penghias ruangan, bunga serta aksesoris.

Ternyata membuat pom pom tidaklah sesulit yang dikira. Ada beberapa macam cara membuat pom pom dengan berbagai macam alat bantu. Sekarang mari kita belajar membuat pom pom tersebut..


Cara pertama
Pembuatan Pom Pom dari Dua Lingkaran


 Peralatan yang dibutuhkan adalah 2 buah lingkaran yang terbuat dari karton. Ukuran diameter lingkaran adalah sebesar pom pom yang akan dibuat. Nantinya benang akan dililitkan ke lingkaran. Jika menginginkan pom pom yang tebal, maka lilitkan benang sebanyak dan setebal mungkin. Setelah itu guntinglah benang yang berada lingkaran terluar. Lalu tariklah lingkaran karton dan sisipkan benang di antara kedua lingkaran karton tersebut. Ikatlah benang tersebut sekuat-kuatnya. Langkah terakhir ambil karton tersebut dan jadilah pom pom.


Cara kedua
Pembuatan Pom Pom dari Lingkaran Tidak Penuh


Peralatan yang dibutuhkan adalah sebuah lingkaran terbuat dari karton yang digunting 3/8 bagian. Sebelum melilitkan benang, ambillah seutas benang. Kemudian letakkan benang tersebut di lingkaran yang tidak penuh tersebut. Setelah itu lilitkan benang mengelilingi lingkaran karton setebal yang diinginkan. Lalu guntinglah benang yang berada di lingkaran terluar. Ikatlah benang yang telah digunting dengan seutas benang yang diletakkan sebelum pelilitan benang. Dan…jadilah pom pom kita…


Cara ketiga
Pembuatan Pom Pom dari Garpu


 Cara selanjutnya adalah membuat pom pom dengan menggunakan peralatan yang pasti dimiliki oleh setiap orang yaitu garpu. Hanya dengan melilitkan benang di tusukan garpu lalu mengikatnya dengan seutas benang yang diselipkan di tengah-tengah tusukan garpu, kita sudah dapat membuat pom pom. Mudah bukan… jika menginginkan ukuran pom pom yang besar, carilah garpu dengan ukuran yang besar juga ya…


Cara keempat
Pembuatan Pom Pom dari Tutup Botol (Berbagai Macam Benda)


Cara yang terakhir ini sebenarnya adalah membuat pom pom dengan berbagai macam benda yang ada di sekitar kita. Hampir semua benda dapat dijadikan alat bantu membuat pom pom, termasuk juga tutup botol. Jika menginginkan pom pom berukuran besar, pergunakan benda yang besar. Begitu pula jika ingin membuat pom pom berukuran kecil, pakailah benda yang kecil juga. Caranya hanya dengan melilitkan benang sebanyak-banyaknya lalu mengikatnya dengan benang kemudian menggunting kumpulan benang tersebut. Dan…pom pom kita, sudah siaap…

Begitulah cara membuat pom pom dengan berbagai macam peralatan. Kalau saya lebih menyukai cara yang kedua dalam membuat pom pom. Karena pom pom yang dihasilkan lebih bervolume, tebal dan ukurannya dapat disesuaikan dengan keinginan kita. Bagaimana dengan anda?. Coba dulu semua caranya, jadi anda dapat memilih cara anda sendiri nantinya :)
Oh ya…peralatan dalam membuat pom pom ini dapat berasal dari barang bekas lho. Jadi anda dapat membuat pom pom dengan mendaur ulang barang di sekitar anda yang sudah tidak terpakai lagi seperti karton susu, tutup botol, kardus dan lain sebagainya. Ruangan anda jadi bersih tanpa adanya barang tak terpakai dan indah dengan dihiasi pom pom yang penuh warna. 


Sumber : dari berbagai sumber (lupa dari mana aja) yang didapat tentu saja dengan melakukan pencarian dengan mbah google…hehehe…
Note : menggunting, digunting, guntinglah mungkin bukan bahasa yang lazim. Hanya untuk menunjukkan kegiatan memotong, memutuskan, memisahkan sesuatu dengan menggunakan gunting. Semoga tidak bingung yaa…


26 komentar:

Hilda Ikka mengatakan...

Mbaaak makasih, kayaknya gampang gitu. Caranya juga jelas. Nanti aku praktekin dan share di blog juga. Makasih. :""

Unknown mengatakan...

sukaaa. kreatif skali mbak

Unknown mengatakan...

sukaaa. kreatif skali mbak

Pernik Warna mengatakan...

Silahkan dipraktekkan dan dishare...
Selamat mencoba yaa :)

Ayu W. Nisa (Icha) mengatakan...

Caranya supaya bulunya gak brodol meskipun sudah diikat keras gmn ya mba??

Pernik Warna mengatakan...

Biar ga brodol atau lepas, bisa diikat keras mba. Waktu mengikat, dililit-lilit atau diputa-putar benang pengikatnya beberapa kali sampai terasa keras dan ga lepas.

Atau benang pengikatnya cari yang kuat, besar dan ga licin mba. Untuk benang pengikat bisa beda dengan benang pom-pomnya. Nanti kalo sudah jadi, benang pengikatnya ga kelihatan juga...

Dicoba lagi ya mba :)

popop mengatakan...

Cara nyambunginnya gimana mbk?misalkan mau dibikin tatakan meja.trims mbk

popop mengatakan...

Cara nyambunginnya gimana mbk?misalkan mau dibikin tatakan meja.trims mbk

Pernik Warna mengatakan...

Kalau pom pom yang dijadikan hiasan pada pinggir taplak meja, biasanya yang sering digunakan adalah pom-pom meteran mba. Pom-pomnya itu ditempel pada kain/pita. Jadi kalo kita mau menggunakannya sebagai hiasan, kita tinggal menjahit kain/pitanya saja ke pinggiran taplak meja. Pom-pom seperti ini bisa dicari di toko perlengkapan alat jahit atau aksesoris mba..

Kalau mau bikin sendiri, bisa juga. Kita pakai kain panjang sebagai tempat menempelnya pom-pom. Untuk menempelkan pom-pomnya bisa dengan cara dilem atau dicantolin (kainnya dibolongin terus digantungin pom-pom). Nanti kain yang sudah terpasang pom-pom ini diselipkan saja di pinggir taplak meja. Baru kita jahit semuanya menjadi satu.

Semoga dapat dimengerti ya mba...
Selamat mencoba :)

Unknown mengatakan...

Oea mbak,,itu bisa bulat gitu pom pom nya gimana ya mbak,,apa cuma di gunting ujung ke ujung nya ajah udah bulat gitu ya mbak,,atau gimana ya mbak,soal nya saya suka mbak? Cuma masih kurang tau gimana?

Pernik Warna mengatakan...

Hasil pom pomnya bulat maksudnya mba ?. Iya mba, digunting aja ujung-ujung benangnya. Dirapiin lagi benangnya biar bisa bulat. Nanti hasilnya jadi rapi dan bentuknya bulat. Selamat mencoba yaa...

Unknown mengatakan...

Mbak mau nanya kalo yang paling bagus pakai benang apa yaa kalo mau bikin pompom nya?

Pernik Warna mengatakan...

Kalau benang yang digunakan tergantung pom-pom yang diinginkan seperti apa mba. Karena tekstur benang beda-beda. Kalau mau pom-pom yang berbulu bisa menggunakan benang wol. Kalau mau pom-pom tidak berbulu dan agak kaku bisa menggunakan benang katun atau benang rayon. Kalau mau pom-pom yang gembul,berisi,padat ketika melilitkan benang dibanyakin lilitan benangnya. Semakin banyak lilitan benangnya, pom-pomnya jadi semakin berisi...Selamat mencoba mba :)

Unknown mengatakan...

Cara mengikatnya itu biasa ya mbk?

Pernik Warna mengatakan...

Biasa aja cara mengikatnya. Yang penting kuat dan benangnya ga lepas-lepas...

Betty mengatakan...

Alhamdulillaah..sharing yg sgt bermanfaat. Gara2 naksir mukena ada hiasan pom pom nya trs kebayang2 trs krn mau beli sayang..950rb hiks.. makasih mbaaaa..barokallah. saya mau bikin sendiri aja mukena pompom yg mahal bgt itu hihihi... *jingkrak2an

Pernik Warna mengatakan...

Alhamdulillah jika bermanfaat :)

Silahkan dicoba ya mba. Memang apa pun yang dibikin sendiri selain lebih hemat juga lebih berkesan.

Oh ya sekedar informasi aja, kalo mau lebih praktis lagi bisa beli aja renda pom pom di toko kerajinan tangan. Pom pomnya kecil-kecil cocok untuk hiasan baju, mukena, atau peralatan lain. Yang lebih enak udah ada pitanya, jadi lebih mudah menjahit pom pomnya ke mukena.

MykaFad_ mengatakan...

Mbak, saya mau tanya, kalau misalnya pom pom-nya mau dibuat karpet kecil itu, ditempelkan di mana, ya?

Pernik Warna mengatakan...

Pom pom bisa mba dijadikan karpet. Cara menyatukannya pake jaring-jaring besar mba. Biasanya ada dijual di toko kerajinan jaring-jaring besar berbahan seperti plastik. Jaring-jaring ini biasanya untuk membuat tas rajutan jaring. Tapi bisa juga sebagai alas membuat pom pom karpet.

Kalau mau tau langkah-langkah membuat pom pom jadi karpet, bisa dilihat di situs ini mba http://sayyes.com/2014/08/diy-bedside-pom-pom-rug.html
Di sana ada tutorial lengkap membuat pom pom karpet. Ada foto jaring-jaringnya juga.

Selamat mencoba mba...

Unknown mengatakan...

mba mau tanya, kalo caraikat pompom satu sama lain kalo mo bikin tirai gimana ya mba..di atas pompomnya kan ada kawat buat kaitannya..nah kalo bagian bawah pompomnya gimana cara gabungin ikatan pompom satu sama lain..melorot ga pompomnya kalo di ronce gtu

Pernik Warna mengatakan...

Mba, tirai pom pom ini maksudnya gorden yang dikasi hiasan pom pom di pinggirnya atau pom pom yang disambung-sambung jadi seperti tirai ?.

Kalau gorden yang ada hiasan pom pom di tepinya, bisa pake renda pom pom aja mba. Lebih mudah menyatukan pom pom ke gorden, karena renda pom pom bisa dijahit.

Tapi kalo yang dimaksud pom pom yang disambung-sambung jadi tirai, bisa menggunakan benang yang tebal untuk menyatukan pom pomnya. Jadi pake jarum yang diisi benang tebal. Pom pomnya ditusuk satu persatu dengan jarum ini.
Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di web ini http://www.rookiemag.com/2016/05/how-to-make-a-pom-pom-curtain/

Selamat mencoba mba…

produksi tas seminar mengatakan...


Thanks for sharing...
perkenalkan kami (protase) produksi tas seminar, yg berada di jogja
Kami melayani pesanan tas dalam partai besar maupun kecil. memproduksi berbagai macam produk tas yang berkualitas untuk keperluan seperti Tas Ransel, Tas Slempang, Tas Kantor, Tas Laptop, Tas Pakaian, Softcase, Tas Promosi, Tas Wanita, dll. Kami juga menerima pesanan tas dengan desain anda sendiri.

Unknown mengatakan...

Bisa gk buat pompom nya dr bahan benang polyster?

Pernik Warna mengatakan...

Bikin pom pom dari benang polyester, bisa mba...
Kelihatannya tiap jenis benang bisa dibikin pom pom. Tapi mungkin beda di hasil jadinya ya.
Silahkan dicoba mba...

Unknown mengatakan...

Bak biar bulu nya kembang gimana caranya

lulurahman mengatakan...

Bagus, bagus . Saya suka. Makasih, jadi pengen cepet nyoba bikin.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...